HOME
Home » Artikel » Persiapan Bisnis

Persiapan Bisnis

Posted at November 13th, 2010 | Categorised in Artikel
Jika kita hendak memulai bisnis, maka ada beberapa faktor yang harus kita persiapkan dengan matang. Modal sudah pasti, yang berikutnya adalah visi dan misi kita dalam membangun usaha. Modal yang tersedia akan menjadi pertimbangan utama dalam menentukan skala bisnis yang hendak kita bangun. Jika modal kita terbatas maka mulailah bisnis dari yang kecil-kecilan, dengan penuh kesabaran dan keuletan maka akan tiba saatnya nanti bisnis yang kita bangun menjadi besar. Lain halnya jika modal kita gede, maka dengan sesuka hati kita bisa memilih bidang bisnis apa yang hendak kita bangun dengan skala yang sesuai dengan keinginan kita.
Menurut saya bisnis tak harus sesui dengan hobi, yang penting mah menghasilkan duit. Kalau memang kita sudah mantap menapaki dunia bisnis, maka kita akan sangat dengan mudah menyesuaikan diri dengan bisnis apapun yang menjadi piluhan kita. Yang paling penting justru mentor atau orang yang bisa kita jadikan guru dalam bisnis yang hendak kita jalani. Keberadaan mentor akan memperlancar jalan kita mengembangkan usaha, dan pada saat yang sama kita bisa mendapatkan motivasi yang tinggi darinya.
Setelah persiapan modal, kita harus menyusun visi dan misi dalam usaha yang hendak kita bangun. Kita harus punya visi dan misi yang konkrit dan terukur dengan capain sukses yang bisa di nominalkan atau di ukur dengan angka. Misalnya kita punya visi untuk mendirikan rumah makan yang besar, maka ukuran besar harus bisa diukur dengan berapa kapsitas ruang rumah makan, berapa omset perhari, berapa karyawan, berapa cabang dan seterusnya. Visi dan misi itu yang akan kita jadikan tolok ukur keberhasilan dalam evaluasi yang kita lakukan setiap bulan atau tahun.
Setelah kita menyiapkan modal dan menyusun visi misi, maka segeralah untuk take action. Kelamaan kita persiapan justru akan menjadikan hati bimbang atau menjadi mimpi tanpa realisasi. Pengalaman yang sesungguhnya akan kita dapatkan setelah menjalani, kesalahan yang mungkin kita temui adalah hal yang sangat wajar. Tanpa kesalahan kita tidak akan tahu mana yang benar.
Mulailah bisnis sekarang juga atau anda akan menyesal kemudian.
Tags :