HOME
Home » Artikel » Peluang bisnis Percetakan

Peluang bisnis Percetakan

Posted at November 14th, 2010 | Categorised in Artikel
Jika kita bicara bisnis yang tak ada matinya, maka percetakan salah satu diantara bisnis yang tak akan lekang oleh zaman. Justru dari waktu ke waktu bisnis percetakan selalu mengalami pertumbuhan yang signifikan. Teknologi percetakan yang terus meningkat selalu mempersembahkan produk terbaru yang selalu ditunggu-tunggu oleh konsumen. Sehingga bisnis percetakan selalu dinamis dan menjadi daya tarik tersendiri.
Semua lini usaha hampir pasti membutuhkan jasa percetakan, semua instansi dari yang terkecil sampai yang terbesar tak bisa lepas dari kebutuhan cetak. Belum lagi sekolah, perguruan tinggi, perusahaan, UMKM, bahkan perseorangan pun selalu membutuhkan jasa percetakan. Kesimpulannya, semua orang butuh jasa percetakan. Ini adalah peluang besar yang cukup prospektif untuk ditekuni secara serius.
Coba kita cari peluang dari yang terdekat diantara kita, tetangga kita misalnya, meraka ada yang karyawan, pegawai dan ada juga yang pengusaha. Kesemuanya hampir pasti membutuhkan kartu nama, jika kita mampu menangkap peluang ini, maka hal ini akan menjadi langkah awal kita untuk menggaet kebutuhan cetak lainnya. Untung dari cetak kartu nama memang kecil karena nominalnya juga kecil, namun dari kartu nama dengan kualitas terbaik yang kita berikan akan menjadi kepuasan tersendiri sehingga tetangga kita akan mengorder semua kebutuhan cetak kantor atau instansinya.
Kawan atau saudara kita mungkin ada yang hendak mengadakan hajatan, entah itu pernikahan, khitanan, syukuran ataupun yang lainnya. Mereka butuh undangan, tawarkan contoh undangan dari harga yang termurah dan mereka akan menyesuaikan budget yang dimiliki dengan produk yang anda tawarkan. Dari pada pesan orang lain, tentu mereka akan lebih memilih pesan kepada kita.
Sedikit lebih jauh kita melangkah ke mini market, laundry dan mungkin juga rumah makan langganan kita. Jika kita biasa jajan di tempat mereka, maka mereka akan menyambut baik penawaran cetak invoiche yang kita ajukan. Bisa jadi pesanan akan bertambah dengan kebutuhan cetak kartu nama, member card, name tag, spanduk dan kebutuhan cetak yang lainnya.
Di komplek perumahan atau rumah yang tak jauh dari tempat kita tinggal mungkin akan kita jumpai home industri. Ada yang produk makanan, kerajinan dan lain sebagainya. Kesemuanya juga membutuhkan jasa cetak mulai dari cetak packaging, flayer, company profile dan lain sebagainya. Semua adalah peluang yang harus kita tangkap dengan mengajukan surat penawaran atau pendekatan personal.
Lebih jauh kita melangkah ke jalan umum, begitu banyak kita jumpai toko-toko, warung, rumah makan, sekolah, pabrik, dan usaha apapun yang ada di pinggir jalan hampir semuanya membutuhkan jasa cetak. Jika kita mampu memberikan servis yang lebih menarik, misalnya antar jemput order, maka sangat mungkin kita untuk memenangkan persaingan.
Jika anda merasa berat untuk berkeliling menawarkan produk, buatlah brosur sebanyak mungkin dan sebarkan secara rutin misalnya 300 exemplar perminggu, atau 100 exemplar perhari seberapa banyak dan sering anda menyebarkan akan memperbesar peluang anda mendapat konsumen. Dari limaratus brosur yang anda sebarkan hampir mustahil tak akan ada yang tertarik satupun. Yang perlu diperhatikan disini adalah, brosur harus menarik baik dari sisi desain maupun bahan yang digunakan karena kita bergerak dalam bisnis percetakan, kualitas brosur kita akan mencerminkan produk yang kita hasilkan.
Hasil ini pernah saya tes waktu pertama kali membuka cabang di Pekanbaru, Pertama saya sebar sekitar 200brosur satu warna dengan kertas hvs di pusat perbelanjaan. Al hasil keesukan harinya tak ada satupun telpon masuk yang menyatakan ketertarikan akan produk cetak yang saya iklankan. Hari kedua saya sebar brosur dengan cetakan full color dan bahan art paper yang lebih bagus, hasil sangat berbeda saya rasakan keesokan harinya karena ada beberapa penelpon yang tertarik dan akhirnya memesan di tempat kami, padahal di dekat kantor konsumen tadi juga ada beberapa percetakan, namun kenapa mereka memilih tempat kami?!
Peluang ada disekitar kita, ciptakan sebanyak mungkin kemungkinan orang untuk mengetahui produk yang kita tawarkan. Kebutuhan cetak tak kan pernah habis sampai kapanpun, meskipun persaingan semakin meningkat namun peningkatan itu akan berbanding lurus dengan tingginya tingkat permintaan, jadi kita tak perlu khawatir akan hal itu.
Tags :