HOME
Home » Artikel » Awali hari dengan senyum

Awali hari dengan senyum

Posted at December 18th, 2010 | Categorised in Artikel

Sabtu ini terasa lebih santai, tidak seperti hari biasanya yang selalu disibukkan dengan persiapan yang banyak. Untuk jualan hari ini cukup separo dari kapasitas pada hari biasa, maklum hari sabtu. Jika sebagian PNS dan Pegawai pada libur atau pulang siang, apa salahnya aku juga ikut pulang siang. Lagi pula para mahasiswa banyak yang tidak masuk kuliah hari ini, bisa di pastikan konsumenku yang 90% mahasiswa juga akan berkurang pada hari ini.

Sebenarnya hari ini ada sedikit beban yang harus aku hadapi, apa lagi kalo bukan urusan dunia, maksudnya urusan seputar bayar membayar dan utang piutang. Tapi ya begitulah kehidupan, tak ada satupun manusia yang bisa terlepas dari persoalan. Satu hal yang harus di syukuri dari persoalan karena akan menstimulus otak kita bekerja lebih aktif dan menghindarkan dari kepikunan. “Baca biografi para ulama” kata ustadku minggu lalu. “Tak ada dari mereka yang pikun di masa tuanya”, lanjutnya lagi dengan penuh motivasi. Satu nasehat yang selalu kita dengar, bahwa besarnya persoalan itu bukan terletak pada masalah sebenarnya yang di hadapi, namun pada seberapa besar kemampuan kita untuk mengatasinya. Sebesar apapun masalah yang kita hadapi, kalo punya kelapangan hati, kebesaran jiwa, dan kecerdasan akal untuk mengatasinya maka semua masalah itu akan terasa ringan. Lagi pula Allah telah menjamin tidak akan pernah memberi ujian melebihi kapasitas manusia untuk mengatasinya.

Mengawali hari aku coba untuk selalu tersenyum, menata agenda kerja dengan teratur. Sebenarnya tak ada yang berat dari pekerjaanku belakangan ini, bukan karena lagi sepi atau tak ada order. Tapi memang profesi yang baru-baru ini aku rintis tidak membutuhkan konsentrasi dan kinerja fisik serta fikir yang tinggi. Kini pekerjaanku lebih bersifat rutinitas, tapi kelemahannya aku tak bisa menyisihkan waktu sebebas dulu.

Wah.. pagi dah semakin beranjak siang, saatnya untuk berangkat… selamat beraktivitas…. makasih sayang atas kerjasamanya, doain abi pulang lebih siang…

Tags :