HOME
Home » Artikel » Menanti Momentum

Menanti Momentum

Posted at December 23rd, 2011 | Categorised in Artikel

Perbaikan diri merupakan keniscayaan bagi setiap insan yang ingin selalu meningkatkan kualitas hidupnya. Dari waktu ke waktu dan pada setiap pergantian masa selalu menghadirkan tantangan hidup yang lebih berat. Untuk bisa selalu eksis dengan segenap potensi yang dimiliki, maka mutlak dibutuhkan peningkatan kemampuan untuk berkompetisi. Tanpa peningkatan itu kita akan jauh tertinggal di lembah keterbatasan dan tak akan mampu menembus kokohnya tembok persaingan.

Setiap perubahan semestinya bisa dilakukan kapan saja dimana saja dan dalam moment apapun. Namun demikian pada saat yang lain perubahan itu bisa jauh lebih powerful jika dilakukan pada sebuah moment yang tepat. Kekuatan itu lebih dipengaruhi oleh sikap mental dan motivasi yang kuat karena dorongan ataupun tarikan yang muncul dari sebuah moment yang mempengaruhinya.

Saat kita sedang tertekan karena ketidak seimbangan cash flow dalam keuangan rumah tangga ataupun perusahaan yang menjadikan goyahnya tatanan nilai yang sudah berjalan baku. Maka saat itulah muncul motivasi tinggi untuk membalikkan keadaan, itulah momentum kebangkitan kita.

Kesempatan yang lain mengantarkan kita pada satu masa dimana usia kita bertambah yang ditandai oleh pergantian tahun ataupun perjumpaan dengan tanggal dan bulan dimana kita dahulu dilahirkan. Untuk kesekian kalinya waktu-waktu tersebut juga bisa menjadi momentum dimana kita dituntut untuk lebih baik dari hari sebelumnya.

“Barang siapa yang keadaan amalnya hari ini lebih jelek dari hari kemarin, maka ia terlaknat. Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia termasuk orang yang merugi. Dan barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia termasuk orang yang beruntung.” (HR. Bukhari)

Setiap kita pasti punya memori tersendiri yang mengabadikan kenangan pahit, getir dan berujung manis dari sebuah perjalanan hidup yang kemudian melekat erat dalam ingatan kita, dan setiap saat kita mengingat peristiwa itu memunculkan kembali kekuatan luar biasa yang bisa menjadi stimulant setiap kita merasa lelah dan menyerah oleh sebab tantangan masa depan yang semakin berat. Maka ciptakanlah sebanyak mungkin moment istimewa yang suatu saat nanti bisa kita kenang dan akan membangkitkan gairah kita disaat jiwa merasa hampa, masa depan terlihat suram dan seluruh sendi yang mengerakkan tumbuh kita terasa lemah.

Kini kita sedang mendekati penghujung tahun, silih berganti memori perjalanan kita dalam satu tahun terakhir ini kita kuak untuk bisa melihat secara detail setiap persoalan yang menghambat gerak langkah dan mengumpulkan point demi point yang bisa menjadi amunisi dalam setiap kita menghadapi musuh terbesar dalam diri kita.

Beberapa hari ke depan akan menjadi saat-saat terakhir kita bersama tahun 2011. Kita akan segera menutup buku tahunan dan memulai langkah baru bersama tahun 2012 yang sudah siap menanti. Seberapa banyak kita mampu mengumpulkan kredit point dalam rekening integritas kita, maka itu akan menjadi saldo awal yang sangat berarti dalam menentukan sejauh mana kita akan melesat di tahun yang akan datang.

Jejak langkah kita di tahun 2011 sudah hampir tetutup rata, dan kita tidak mungkin lagi untuk bisa mengais serpihan waktu yang terbuang sia-sia sepanjang perjalanan ini. Yang bisa kita lakukan adalah mentelaah lebih mendalam atas rekam jejak langkah kita dengan evaluasi diri. Mensyukuri setiap capaian dalam genggaman dan mencanangkan harapan masa depan menjadi agenda pergantian tahun. Semoga tahun demi tahun yang kita lalui menjadikan kita semakin dewasa dan membawa keberkahan dalam kehidupan.

www.absubranto.com

Tags :